Cara Mambuat Ramuan Sari Apel Merah Untuk Lovebird Konslet Ngekek Panjang

Ramuan sari buah apel merah untuk lovebird akhir-akhir ini ramai menjadi bahan perbincangan bagi kalangan lovebird mania, baik itu sangat nongkrong diwarung kopi, ngumpul dilokasi lomba, dan bahkan ramai juga di group kicau burung dan group lovebird mania di facebook. Bahkan ada salah satu posting group yang membahas tentang cara membuat ramuan sari buah apel merah untuk lovebird konslet mendapatkan like dan comment sampai ratusan komen.

Buah apel merah selain rasanya manis dan disukai banyak orang juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Selain itu tentunya juga bagus untuk kesehatan burung kicauan, khususnya burung lovebird. Banyak yang bilang bahwa lovebird yang diberi ramuan sari buah apel merah menjadi rajin ngekek panjang, konslet, dan lebih moncer saat lomba, karena memiliki stamina yang lebih oke.

cara membuat ramuan sari buah apel merah

Kandungan buah apel merah

Didalam buah apel merah memiliki beberapa kandungan nutrisi, gizi, dan kandungan vitamin ternyata lebih mendominasi. Kandungan vitamin tersebut misalnya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C. Selain itu juga mengandung kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Juga mengandung fitokimia yang bermanfaat sebagai anti oksidan untuk melawan radikal bebas. Itulah sebabnya kenapa burung lovebird yang diberikan sari buah apel akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari racun, sehingga bisa menjadi konslet, lebih rajin ngekek panjang, dan memiliki performa serta stamina yang lebih joss.

Adapun untuk manfaat buah apel merah untuk lovebird sudah pernah saya ulas pada posting sebelumnya. Jika anda belum tahu atau masih ragu dengan khasiat dan manfaat buah apel merah, silahkan anda baca ulasannya disini: Manfaat buah apel merah untuk lovebird

Cara membuat ramuan sari buah apel

Untuk membuat sari buah apel sangatlah mudah, karena bahan yang dibutuhkan hanyalah buah apel merah yang sudah matang dan masih baik, air mineral 3 gelas, serta garam dapur secukupnya. Sedangkan untuk peralatan yang dibutuhkan adalah pisau untuk mengiris dan memotong buah apel, saringan, panci, kompor, dan wadah untuk menampung ramuan sari buah apel yang sudah jadi.

Cara membuat

1. Cuci buah apel dengan menggunakan air garam, lalu dikupas kulitnya dan dipotong-potong menjadi kotak-kotak kecil.

2. Rebus 3 gelas air mineral dengan menggunakan panci, setelah mendidih kemudian masukkan potongan buah apel dan rebus dengan menggunakan api kecil.

3. Proses perebusan cukup dilakukan selama kurang lebih 10 menit saja, atau sampai buah apel terlihat layu.

4. Saring rebusan buah apel kemudian biarkan sampai dingin, jika sudah dingin kemudian masukkan kedalam wadah dan siap untuk diberikan kepada lovebird kesayangan anda.

Ramuan sari buah apel merah ini terkadang bisa berwarna putih/ bening dan berwarna merah, itu tergantung dari proses dan cara perebusannya, yang bagus adalah ramuan sari apel berwarna merah. Karena jika ramuan sari apel berwarna bening, kemungkinan proses perebusan terlalu panas atau api terlalu besar sehingga kandungan nutrisinya sudah agak berkurang.

Selain itu faktor lain yang mempengaruhi warna sari buah apel adalah disebabkan dari buah apel itu sendiri. Sari buah apel berwarna merah biasanya berasal dari buah apel yang bertekstur empuk dan lembut. Sedangkan sari buah apel yang berwarna putih adalah dari buah apel yang dagingnya bertekstur keras. Tapi apapun itu yang terpenting adalah ramuan sari buah apel dapat membuat lovebird kesayangan anda menjadi lebih rajin ngekek panjang dan memiliki stamina yang lebih oke saat lomba.

Sumber : http://jenisburung.co/ramuan-sari-apel-untuk-lovebird/

Comments